iklan

1 Menit 60 detik mengapa.?

KENAPA 1 MENIT ITU 60 DETIK



Pernah kepikiran enggk kenapa 1 menit itu 60 detik.? Enggk 100 atau 80..? yup yang pertama kita patut bersyukur pada Allah SWT karena telah membuat bangsa babylonia karna telah menemukan dan memakai aturan 1 menit 60 detik ini.



Yang menjadi acuan mereka adalah karena angka 60 dapat dibagi dengan bayak angka antara lain 2,3,4,5 dan 6 sedangkan 100 Cuma bisa dibagi dengan 2,4,5, dan angka itu sendiri. Dengan adanya 60 detik kita akan mudah menetapkan waktu saat ditanya tentang waktu contohnya: ½ jam 1/3 jam ¼ jam dan seterusnya.

Yang jadi pertanyaan selanjutnya kenapa 1 hari itu 24 jam bukan 60 jam, jawabannya adalah karena bangsa babylonia dulu menggunakan basis 12 dalam perhitungan mereka,12 bagi mereka sama dengan 10 bagi kita sekarang. 12 juga angka yang bisa dibagi dengan banyak angka, dan menjadi alasan yagn sangat masuk akal untuk dijadikan patokan. Mereka membagi waktu antara terbit matahari hingga terbenamnya matahari selama 12 jam sehingga 1 hari didapat waktu 24 jam.
Pada tahun 1794 di prancis pernah ada usulan untuk mengubah perhitungan 1 hari menjadi 10 jam,100 menit dan 100 detik dan pada akhirnya banyak yang menentang hal ini alasannya sangat sederhana ya susah dibagi dan kebanyakan orang sudah terbiasa dengan 1menit 60 detik.




Sekali lagi kita harus berterima kasih kepada bangsa babylonia karna telah menemukan pembagian waktu yang kini dipakai di seluruh dunia,dan pada intinya kita dipermudah menentukan waktu, dan seperti biasa di akhir saya ucapkan terima kasih. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "1 Menit 60 detik mengapa.?"

Fakta Menarik Tentang Warna

                                                     Beberapa Fakta Mengenai Warna Sebrang kros warnanya hitam dan putih, langit warnan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel